Senin, 25 Oktober 2010

Gempa 7,2 SR Mentawai Padang berpotensi Tsunami

Wilayah Sumatera kembali diguncang gempa bumi. Gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin (25/10/2010) malam.

Seperti ditulis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 21.42 WIB. Pusat gempa berada di titik 3,61 Lintang Selatan (LS) dan 99,93 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 10 kilometer.

Lebih terperinci titik gempa berada 78 km Barat Daya Pagai Selatan Mentawai-Sumbar, 102 km Barat Daya Pagai Utara Mentawai-Sumbar, 158 km Tenggara Sipura Mentawai-Sumbar, 174 km Barat Daya Mukomuko-Bengkulu, 817 km Barat Laut Jakarta.

BMKG menegaskan, gempa ini berpotensi tsunami. “Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat,” tulis BMKG.

Gempa juga dirasakan masyarakat Padang, Sumatera Barat. Pantauan saya di Kecamatan Padang barat dan Padang Selatan, warga yang tengah berkumpul di rumah masing-masing langsung berhamburan keluar.

Kendati gempa yang dirasakan tidak begitu kuat, mereka tetap panik. Hingga kini warga masih bertahan di luar rumah, khawatir datangnya gempa susulan. Lagian warga kota Padang tidak bisa berbuat apa-apa karena sewaktu trjadi gempa kota Padang sedang di guyur hujan...dan nampaknya BMG sudah mencabut status Tsunami bagi kota Padang setela pada 30 menit berikutnya tidak terjadi apa-apa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Anak Salido

Komputer

AJAIB dan Unik

Indonesian Football