Selasa, 26 Oktober 2010

Tsunami Mentawai


Tsunami di Mentawai, 40 Orang Tewas dan 380 Hilang

Kepulauan Mentawai: Sebanyak 40 orang tewas dan ratusan lainnya dinyatakan hilang akibat gempa berskala 7,2 Skala Richter disusul dengan gelombang Tsunami di Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Senin (25/10) malam. Dari 40 korban itu, 2 di antaranya adalah warga negara asing. Pencarian korban hingga kini masih berlangsung.

Pulau Pagai Selatan adalah lokasi yang paling dekat dengan pusat gempa. Korban tewas yang sudah tercatat di antaranya 6 orang dari Dusun Muntei, Desa Malakopak dan 1 orang dari Desa Bulasat.

"Total yang meninggal 40 orang, dan hilang 380 orang," kata Ketua DPRD Kepulauan Mentawai Hendri Doro Satoko saat dihubungi Metro TV, Selasa (26/10) sore.

Hendri menyebutkan bahwa setelah gempa 7,2 SR disusul tsunami, gempa susulan juga beberapa kali terjadi. Kekuatan gempa susulan bervariasi hingga 6,0 SR. Tsunami terjadi dengan ketinggian gelombang hingga 6 meter. Korban jiwa adalah warga di sekitar Pantai Pagai Selatan, seperti dari Desa Belagu dan Muntai Baru.

Di Muntai Baru, tercatat ada sekitar 200 jiwa. Sebanyak 40 orang sudah ditemukan. Sisanya 160 masih dinyatakan hilang. Di Desa Belagu, tiga orang meninggal. Mereka adalah satu orang warga setempat dan 2 lainnya warga asing yang sedang berselancar. Korban lainnya, baik tewas dan hilang, adalah warga sejumlah dusun, seperti Paparaboat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Anak Salido

Komputer

AJAIB dan Unik

Indonesian Football